Manajemen Pelabuhan

No Image Available

Manajemen Pelabuhan

 Author: Capt. Abdul Nasir Rachman, M.Mar  Category:  Publisher: Reads Media Corp  Published: April 25, 2024  ISBN: 978-623-09-9963-5
 Description:

Dalam dunia yang semakin terhubung, efisiensi pelabuhan menjadi kritis dalam mendukung aliran perdagangan global. Buku “Manajemen Pelabuhan: Integrasi, Inovasi, dan Interkoneksi” menyediakan panduan komprehensif tentang prinsip dan praktik terkini dalam manajemen pelabuhan yang efektif. Penulis menggali ke dalam berbagai aspek operasional, strategis, dan teknologis yang mempengaruhi pelabuhan di seluruh dunia.

Dibagi menjadi tiga bagian utama, buku ini pertama-tama mengkaji dasar-dasar operasi pelabuhan, termasuk perencanaan dan desain pelabuhan, serta manajemen lalu lintas dan logistik. Bagian kedua buku berfokus pada penggunaan teknologi canggih seperti sistem otomasi, Internet of Things (IoT), dan solusi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang meningkatkan efisiensi dan keamanan pelabuhan.

Bagian ketiga mengeksplorasi tantangan dan solusi dalam mengintegrasikan pelabuhan dengan rantai pasokan global lebih luas, termasuk isu keberlanjutan, kebijakan pemerintah, dan kerjasama internasional. Melalui studi kasus dan analisis mendalam, penulis memberikan pandangan tentang bagaimana pelabuhan modern beradaptasi dengan perubahan pasar dan ekspektasi kebijakan yang berubah.

 

Dengan kombinasi wawasan teoritis dan aplikasi praktis, “Manajemen Pelabuhan: Integrasi, Inovasi, dan Interkoneksi” merupakan bacaan esensial bagi para profesional di industri maritim, pengambil kebijakan, dan akademisi. Buku ini tidak hanya menyajikan analisis yang mendalam tentang status quo tetapi juga menawarkan pandangan ke depan tentang masa depan pelabuhan sebagai pusat vital dalam ekonomi global.


 Back